Saat ini social networking menjadi suatu kebutuhan bagi semua pengguna internet, dapat dikatakan harga mati. tapi sebelum kita lanjut ke hal yang lebih dalam lagi, alangkah lebih baiknya kita mengetahui apakah social networking (jejaring sosial) itu? Menurut wiki, Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Jadi social networking itu bisa dikatakan generasi kedua forum diskusi, tapi sifatnya lebih modern dengan full features pertemanan yang lebih komplit.

Dengan adanya Social networking, kita jadi lebih mudah untuk sharing dan berkomunikasi dengan teman-teman seprofesi, se-alumni, sehobi, pokonya yang sesuai dengan kebutuhan networking kita. Nah sekarang bagaimana cara kita mempromosikan diri tanpa menujukkan diri kita sebagai spammer? pertanyaan bagus bukan? banyak yang harus kita lakukan tentunya, karena  tidak mudah membuat dirimu dikenal dalam waktu cepat.  Sangat mudah untuk mendaftarkan diri ke semua social networking yang ada dan mensubmit your “stuff” kesana. Tapi hal ini tidak menjadikan jaminan usaha kamu berhasil, banyak yang kamu harus lakukan. Ayo kita bahas lebih lanjut…

Untuk menjawab dari dari pertanyaan diatas, bagaimana cara mempromosikan diri melalui media social networking site seperti Facebook, Twitter, Plurk, Digg, Stumbleupon dan lainnya, saya akan bilang TURUT SERTA (get involved). Bagaimana caranya? yaitu sebagai member aktif untuk komunitas tersebut. Social networking hampir sama dengan forum, user spammer biasanya tidak melakukan aktifitas apa-apa, hanya download, memberikan link-link ke productnya, no advice dan hanya bisa menjadi good spammer. Memang semua kembali lagi kepada komunitas yang berada di dalamnya, apakah kita hanya bisa nge-junk atau berbagi ilmu yang membuat diri kita menjadi berkembang.

Menjadi member aktif dan turut serat di dalamnya, sangat membantu komunitas tersebut. Misalnya seperti mengikuti polling, ikut dalam percakapan yang kamu sukai, bertanya, memberikan saran dan bantuan, dan saling bertukar ilmu. Sehingga kamu nantinya akan menjadi dipercaya sebagai member yang mempunyai wibawa dan secara tidak langsung promosi diri dengan kapasitas dirimu. Memang membutuhkan waktu tertentu untuk mengupdate social networking yang ada, yang sebaiknya kamu harus bergabung dengan komunitas yang kamu sukai dan dapat dimulai dari hobi.

Kesimpulannya yaitu berikan nilai lebih kepada komunitas tersebut maka komunitas tersebut akan memberikan timbal balik.

Sumber: Ruang Freelance

Pin It on Pinterest